Jumat, 04 Maret 2011

MANFAAT INTERNET BAGI PENDIDIKAN

Dalam masa ini dirasakan semakin terasa oleh kalangan siswa/pelajar, guru, maupun masyarakat. Kenyataan yang merebak dewasa ini, dapat kita simpulkan bahwa mayoritas pengguna internet adalah kaum muda dan anak-anak sekolah.
Fungsi utamanya selain untuk bisnis adalah untuk kepentingan hiburan (entertainment). Pemanfaatan teknologi internet di kemudian hari akan lebih besar lagi kalangan generasi muda yang lebih siap mengadaptasi perubahan dan cenderung menyukai hal-hal baru.
Namun, selama ini sebagai masyarakat masih belum merasakan manfaat internet bagi pendidikan secara langsung. Padahal, melalui internet waktu dan biaya yang dibutuhkan lebih murah dan tidak perlu berdesak-desakan. 
Sebagai contoh, seseorang akan mendaftarkan anaknya melalui PSB online, maka cukup mengklik menu di komputer yang tersambung dengan internet. Maka, ia sudah dapat mendaftarkan anaknya.
Kini, perkembangan informasi dan teknologi telah merambah ke segala bidang, baik di bidang politik, ekonomi, sosial, dan pendidikan. Mengingat tarif yang tidak murah, ada baiknya pemakaian internet ini diefektifkan sebisa mungkin.
Manfaat Internet Bagi Pendidikan 
Salah satu fungsi yang belum banyak disentuh adalah pendidikan (e-education, padahal manfaat internet bagi pendidikan sangat banyak sekali, diantaranya adalah:
  • Mendapatkan Informasi pendidikan di luar negeri bagi user yang hendak melanjutkan sekolah dan ingin mengetahui syarat-syarat pendaftaran serta jurusan yang sesuai dengan minatnya.
  • Mendapatkan Informasi beasiswa yang kerap disebarkan melalui mailing list, info-info beasiswa lengkap dengan persyaratan yang harus dipenuhi dan batas waktunya.
  • Referensi baik dalam bentuk file makalah yang didownload maupun bergabung dengan perpustakaan digital. Pencarian referensi melalui internet akan lebih memudahkan siswa/pelajar dalam mengerjakan tugas yang dibebankan kepadanya.
  • E-learning yang menguntungkan bagi mereka yang ingin menempuh pendidikan tambahan dalam waktu singkat namun memiliki kegiatan padat. Mereka tidak harus bertatap muka dengan dosennya, namun cukup melalui dunia maya yang bernama internet.
  • E-book yang relatif lebih murah daripada membeli buku di toko karena sifatnya paperless.
Manfaat internet bagi pendidikan yang lebih spesifik lagi akan dapat dirasakan oleh siswa. Jadwal pelajaran dan ujian semester dapat diakses di situs web. Dengan cara memasukkan login dan password khusus, siswa bisa memeriksa hasil ujiannya yang tertera dalam daftar nilai online.
Di samping praktis, cara ini menjaga privacy siswa dibanding melihat nilai yang terpampang di papan pengumuman beramai-ramai.
Siswa juga dapat dapat mengirimkan file tugas dan pekerjaan rumah (PR) ke alamat e-mail guru yang bersangkutan. Sayangnya, para guru sendiri terkesan enggan untuk mengupdate pengetahuan masing-masing dengan materi baru guna menghasilkan kurikulum dan metode pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan jaman dan kekritisan pelajar, termasuk mempelajari teknologi internet ini.
Padahal jika diterapkan dengan baik, internet akan menjadi alat pendukung pendidikan yang efektif dan efisien terlebih mengingat anggaran pendidikan pemerintah yang kecil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar