Rabu, 02 Maret 2011

kecantikan pulau alami


Kecantikan Alami Pulau Saronde
BAYANGKAN, berada di sebuah pulau yang cantik nan alami. Cuaca yang cerah berpadu dengan jernihnya air laut dan hamparan pasir putih. Tak ada kata lain selain keindahan dan Anda bisa berada di antara itu semua, di daratan mengapung bernama Pulau Saronde.

Pulau Saronde yang menjadi bagian Provinsi Gorontalo merupakan pulau kecil tak berpenghuni yang mengandalkan potensi pesona alam dan budaya. Pulau cantik yang terletak di utara Teluk Kwandang, Kabupaten Gorontalo Utara ini mulai dikenal luas karena mampu memikat hati para turis domestik maupun mancanegara.

Perairan di sekitar Pulau Saronde dikenal bersih dan tidak tercemar oleh sampah-sampah industri, sehingga sangat layak untuk berbagai kegiatan air seperti berenang, berselancar, menyelam, snorkeling, dan ski air.

Bukan hanya hamparan alamnya yang mempesona, masyarakat di sekitar Pulau Saronde juga dikenal memiliki tradisi yang unik. Pada waktu-waktu tertentu, biasanya pada Festival Saronde yang kerap diadakan bulan Juli, mereka sering mengadakan lomba adu cepat ketinting (perahu bermesin diesel) mengelilingi sebuah pulau di sekitar Pulau Saronde.

Waktu penyelenggaraan adu cepat perahu tradisional ini merupakan salah satu momen keramaian di Kecamatan Kwandang. Bila beruntung menjadi bagian dalam acara ini, Anda bisa berinteraksi langsung dengan masyarakat setempat atau menikmati berbagai hiburan dan jajanan khas Gorontalo.

Bila hendak melihat keindahan Pulau Saronde, Anda yang datang dari luar Provinsi Gorontalo dapat menggunakan moda transportasi laut atau udara. Bila menggunakan jalur udara, Anda bisa memesan penerbangan yang mendarat di Bandar Udara Djalaluddin Gorontalo.

Jika memilih jasa kapal laut, Anda dapat berlabuh di Pelabuhan Gorontalo atau di Pelabuhan Anggrek Kwandang, di Kabupaten Gorontalo Utara. Secara reguler, kapal penumpang seperti KM Umsini, KM Kambuna, KM Tilongkabil, serta KM Awu menyinggahi kedua pelabuhan laut tersebut.

Baik dari bandara atau pelabuhan, Anda dapat menggunakan jasa bus, mikrolet, bentor (bendi motor), atau mobil sewaan untuk menuju pelabuhan di Kota Kwandang. Jarak antara Kota Gorontalo dan Teluk Kwandang sekitar 50 kilometer.

Setelah sampai di Pelabuhan Kwandang, perjalanan dilanjutkan dengan menumpang perahu besar menuju Pulau Saronde, dengan waktu tempuh sekitar 45 menit. Sesampainya di Pulau Saronde, Anda tidak perlu membayar biaya masuk, alias gratis.

Jika memerlukan penginapan, Anda dapat memperolehnya di Kota Kwandang, Ibu Kota Gorontalo Utara. Di kota ini Anda juga bisa mencari berbagai suvenir dan menikmati menu-menu masakan khas Gorontalo Utara. Bila ingin lebih dekat dengan alam, Anda bisa berkemah di Pulau Saron

Tidak ada komentar:

Posting Komentar